Beranda » Artikel » Mengintip Keunikan Museum Bali

Meseum Bali merupakan tempat yang menyimpan berbagai macam benda peninggalan sejarah asli Bali ataupun beberapa daerah di Indonesia bahkan mancanegara.

Bung Karno pernah berkata, “Jangan sampai melupakan sejarah”, atau istilah yang lebih dikenal dengan jas merah. Ungkapan tersebut kini melekat dalam diri setiap masyarakat Indonesia. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa Indonesia merupakan negara yang kaya akan suatu sejarah, dan tidak bisa dilepaskan dari setiap bagian dari negara ini. Setiap daerah di Indonesia pasti memiliki sejarah tersendiri, dan kini melekat pada kearifan budaya lokal masyarakat setempat. Banyak aspek sejarah yang perlu Anda pelajari dalam memahami setiap unsur sejarah yang ada. Dimulai dari asal muasal sejarah itu sendiri, sampai benda-benda peninggalan sejarah dari masa lampau. Khusus untuk benda-benda peninggalan sejarah dari masa lampau merupakan suatu bukti autentik terjadinya suatu peristiwa sejarah yang terjadi di suatu tempat. Hingga saat ini benda-benda peninggalan sejarah disimpan dalam sebuah museum. Selain menjadi sarana edukasi untuk dipelajari oleh setiap orang, didirikanya sebuah museum juga menjadi sarana wisata untuk dinikmati masyarakat luas. Banyak beberapa museum terkenal yang ada di Indonesia. Museum yang satu dan lainnya memiliki ciri khusus tersendiri. Entah itu dari sisi bentuk bangunanya, ataupun tata letak setiap benda-benda sejarah di dalam museum. Bali menjadi salah satu daerah di Indonesia yang memiliki beberapa museum dengan nilai sejarah yang tinggi. Selain itu museum di Bali juga tersebar dibeberapa tempat di daerah Bali. Ada salah satu museum yang terkenal di Bali, yaitu museum Bali. Merupakan sebuah museum yang berisi benda-benda bersejarah yang berasal dari bali ataupun daerah lain di Indonesia.

Inilah Beberapa Keunikan Museum Bali yang Patut Anda Ketahui

Selain terkenal dengan wisata alamnya, Bali juga memiliki kearifan budaya lokal yang masih dijunjung tinggi oleh setiap lapisan masyarakat. Hal itu tentu tercermin dengan banyaknya masyarakat Bali yang masih sering menggunakan baju adat daerah Bali. Momen ini tentu akan terlihat ketika Anda mengunjungi beberapa lokawisata yang ada di Pulau Bali. Selain itu, Bali juga memiliki beberapa aspek sejarah yang patut untuk Anda pelajari. Untuk mempermudah masyarakat mempelajari peristiwa yang pernah terjadi di Bali ataupun Indonesia, pemerintah telah membangun beberapa museum yang dilengkapi berbagai benda-benda peninggalan sejarah. Hal ini tentunya menjadi suatu keuntungan tersendiri bagi Anda, karena mampu menjadikan museum yang berada di Bali sebagai salah satu tujuan wisata ketika berkunjung kesana. Berikut beberapa keunikan meseum Bali yang patut Anda ketahui.

  1. Terletak di pusat kota Bali

Museum Bali terletak di pusat kota Bali, yaitu Denpasar. Hal ini tentunya semakin mempermudah akses untuk para wisatawan lokal maupun mancanegara untuk berkunjung ke museum ini. Selain itu museum ini tidaklah dikelola pihak swasta seperti beberapa museum lain yang berada di Indonesia, melainkan dikelola oleh pemerintah provinsi Bali. Hal ini tentunya bukan tanpa alasan, karena selain mempermudah masyarakat untuk berkunjung ke museum ini, pengelolaan yang dilakukan pemerintah juga bertujuan untuk menjaga keasllian benda-benda sejarah yang dimiliki oleh museum ini.

  1. Merupakan gagasan warga asing

Didirikanya museum ini bukan didasari ataupun dilandasi oleh masyarakat lokal dari daerah Bali sendiri ataupun Indonesia. Gagasan pendirian museum ini dicetus oleh warga asing yang bernama W.F.J Kroon. Ia merupakan residen Bali Selatan pada tahun 1909-1913. Akan tetapi pembiayaan pembangunan museum ini bukan dari Kroon sendiri, melainkan para raja Bali yang berkuasa pada waktu itu. Dimulai dari raja Tabanan, Buleleng, hingga raja Karangasem. Hal ini tentunya semakin mempercepat pembangunan museum ini.

  1. Berisi tentang kearifan lokal budaya Bali

Museum Bali yang didirikan pada tahun 1930 ini direncanakan sebagai tempat penyimpanan beberapa benda etnografi masyarakat Bali. Berbagai macam peralatan masyarakat Bali yang digunakan pada saat zaman prasejarah tertata rapi disetiap sudut ruangan ini. Selain itu disini juga tersedia berbagai macam histori perkembangan seni masyrakat Bali dari waktu ke waktu. Hal ini tentunya menjadi suatu pelajaran sejarah tersendiri untuk setiap pengunjung untuk lebih memahami setiap unsur budaya yang terdapat di museum ini. Dengan adanya beberapa peninggalan sejarah dan juga histori perkembangan seni masyarakat Bali juga membuat pengunjung bisa membandingkanya dengan peradaban masyarakat Bali di era modern. Untuk saat ini museum ini juga sering digunakan untuk berbagai macam acara lainnya, seperti foto pre wedding oleh beberapa masyarakat Bali. Hal ini tentu dikarenakan museum ini memiliki beberapa bentuk bangunan yang unik sehingga cocok untuk dijadikan sebagai tempat foto pre wedding. Selain itu berbagai macam acara juga sering diselenggarakan di museum ini.

Demikian beberapa keunikan museum Bali yang perlu Anda ketahui. Mulailah melakukan sebuah perencanaan liburan Anda, dan jangan sampai Anda lewatkan lokawisata ini dalam daftar liburan Anda.

Yang perlu Anda ingat kemanapun Anda berwisata ialah Anda harus menjaga sopan santun dan kebersihan di tempat wisata yang Anda kunjungi. Anda boleh saja mengabadikan momen, namun tetap perhatikan instruksi bahkan larangan yang ada di tempat wisata yang Anda kunjungi termasuk Museum Bali. Anda tertarik? Selamat Berwisata!

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.